Pengaruh edukasi, reputasi dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat mal : studi kasus di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal

Burhanuddin, Nur (2021) Pengaruh edukasi, reputasi dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat mal : studi kasus di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026117_NUR_BURHANUDDIN] Text (SKRIPSI_1705026117_NUR_BURHANUDDIN)
SKRIPSI_1705026117_NUR_BURHANUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia di tengah pandemi covid-19 yang melanda adalah masalah ekonomi. kondisi tersebut tidak bisa dibebankan hanya pada negara, artinya masyarakat muslim menengah keatas harus dapat saling tolong menolong dengan cara membayar zakat Mal. Namun permasalah yang ada misalnya minimnya edukasi masyarakat, kurangnya reputasi pengelola atau panitia zakat, serta kepercayaan masyarakat terhadap pengelola zakat menjadi faktor terkuat dalam mempengaruhi masyarakat untuk tidak membayarkan zakat Mal. Hal tersebut yang terjadi pada masyarakat Desa Sumur, maka dengan itu tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk mencari Pengaruh Edukasi, Reputasi dan Kepercayaan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal (studi kasus di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal). Karya ilmiah yang berupa skripsi ini menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Untuk sumber data yang digunakan yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat Desa Sumur dengan jumlah 70 responden. Kemudian dalam menganalisis atau mengelola data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.
Hasil dari penelitian ini adalah Edukasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (4,864 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Reputasi berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (2,073 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,042 < 0,05). Kepercayaan berpengaruh secara signifikan positif terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil nilai thitung > ttabel yaitu (2,566 > 1,668) dan nilai signifikasi (0,013 < 0,05). Edukasi, Reputasi dan Kepercayaan berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Mal. Hal ini terbukti dengan adanya hasil uji F (Simultan) yaitu Fhitung > Ftabel yaitu (45,659 > 2,74). Didukung oleh uji koefisien determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,660 atau 66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat mal; Muzakki; Pendidikan; Reputasi; Kepercayaan; Minat; Membayar zakat mal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:39
Last Modified: 13 Nov 2021 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics