Penyembuhan santri eks enyalahgunaan napza di pondok pesantren rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang ditinjau dari perspektif behaviorisme

Muafiqoh, Umi Dzuriyah (2020) Penyembuhan santri eks enyalahgunaan napza di pondok pesantren rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang ditinjau dari perspektif behaviorisme. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404046043_UMI DZURIYAH MUAFIQOH_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1404046043_UMI DZURIYAH MUAFIQOH_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Santri eks napza yang ada di Pondok pesantren rehabilitasi At-tauhid Sendanguwo Semarang secara umum memiliki perilaku yang agresif seperti emosional, sering berkelahi, berkata-kata kasar, mudah tersinggung, tidak bisa diatur dan sangat mudah terpengaruh untuk berbuat kejahatan dan kekerasan terhadap orang lain, latar belakang santri yang terbiasa mencuri, merampok, dan menodong dengan kekerasan untuk dapat membeli narkoba selalu dibawa ketika masuk di pesantren Pondok pesantren rehabilitasi At-tauhid Sendanguwo Semarang. Permasalahan yang diteliti adalah 1) Bagaimana pelaksanaan penyembuhan santri eks penyalahgunaan Napza di Pondok Pesantren Rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang?. 2) Bagaimana perspektif behaviorisme terhadap penyembuhan santri eks penyalahgunaan Napza di Pondok Pesantren Rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif, sumber data primer yaitu wawancara dengan pengasuh pondok pesantren rehabilitasi At-tauhid Sendanguwo Semarang dan sumber data sekunder yaitu hasil wawancara dengan santri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode analisis data deskriptif. Hasil penilitian menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan penyembuhan santri eks penyalahgunaan Napza di Pondok Pesantren Rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang diarahkan pada proses pembinaan yang mengarah pada pembentukan perilaku yang akhlakul karimah melalui berbagai materi baik materi tauhid, syariah dan akhlak, selain itu juga diberikan berbagai kegiatan dzikir, shalat berjama’ah, istighasah, pembacaan shalawat, manaqib, shalat malam, dan mandi setelah shalat malam untuk menyembuhkan ketergantungan narkoba dan menjadikan pribadi yang karimah, untuk mendukung kehidupan setelah kelaur dari pondok santri juga diberikan bekal pendidikan keterampilan seperti menjadhit, otomotif dan elektronik agar nantinya mampu bekerja mencari rizki yang halal dan baik dan tidak terjerumus lagi ke dalam penyalahgunaan narkoba. 2) Perspektif behaviorisme terhadap penyembuhan santri eks penyalahgunaan Napza di Pondok Pesantren Rehabilitasi At-Tauhid Sendanguwo Semarang terdapat dalam upaya stimulus yagn dilakukan oleh pihak pesantren dengan membentuk lingkungan santri yagn penuh dengan nilai-nilai agama, nilai sosial melalui berbagai kegiatan sperti kegiatan dzikir, shalat berjama’ah, istighasah, pembacaan shalawat, manaqib, shalat malam, dan mandi setelah shalat malam, keterampilan sehingga mampu membnetuk perilaku akhlakul karimah santri dan berhenti memakai narkoba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Terapi Pengobatan; Pengobatan; Korban Narkotika; Filsafat Behaviorisme
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 110 Metaphysics > 118 Force and Energy
100 Philosophy and psychology > 130 Paranormal phenomena > 133 Parapsychology and occultism
100 Philosophy and psychology > 190 Modern Western philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Nov 2021 03:12
Last Modified: 13 Nov 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics