Analisis keputusan kelayakan pembiayaan syariah peer to peer lending kepada UMKM : studi kasus PT. Investree Radhika Jaya

Lizamudin, Muhamad (2021) Analisis keputusan kelayakan pembiayaan syariah peer to peer lending kepada UMKM : studi kasus PT. Investree Radhika Jaya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026153_Muhamad_Lizamudin] Text (Skripsi_1705026153_Muhamad_Lizamudin)
Skripsi_1705026153_Muhamad_Lizamudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Inovasi layanan keuangan berbasis teknologi (Fintech) saat ini telah berkembang di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Peer to peer lending merupakan salah satu inovasi fintech yang bergerak pada layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Layanan peer to peer lending saat ini telah menjadi salah satu solusi kemudahan dalam pembiayan UMKM atas sulitnya pengajuan pembiayaan di perbankan. Tercatat sebanyak 77,1% UMKM offline dan 42,2% UMKM online telah menjadi Borrower (peminjam) di platform fintech peer to peer lending.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menentukan keputusan kelayakan dalam persetujuan pembiaqyaan syariah peer to peer lending dan mengetahui bagaimana cara penanganan pembiayaan bermasalah pada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Data dalam penelitian ini diperoleh pada PT. Investree Radhika Jaya di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekataan kualitatif dengan metode studi kasus diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wwancara secara langsung, dokumentasi dan observasi. Setelah pengumpuan data, hasil penelitian dianaisis untuk mendapatkan kesimpulan.
Berdsarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya PT. Investree Radhika Jaya merupakan perusahaan fintech peer to peer lending pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki produk pembiayaan berbasis konvensional dan syariah yang telah terdaftar dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta sesuai dengan fatwa DSN-MUId dalam pelaksanaaan kegiatan penyaluran pembiayaan pada UMKM. Proses persetujuan dalam keputusan pembiayaan syariah peer to peer lending kepada UMKM berlandaskan analisa pembiayaan melalui 5C+1S (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economic and Syariah) serta proses dalam penanganan pembiayaan bermasalah di PT. Investree Radhika Jaya sudah sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan; Pembiayaan syariah; Peer to peer lending; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 06:54
Last Modified: 13 Nov 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics