Strategi pengembangan UMKM batik tulis : studi kasus Kampung Batik Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Faradisa, Afina (2021) Strategi pengembangan UMKM batik tulis : studi kasus Kampung Batik Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026154_AFINA_FARADISA] Text (SKRIPSI_1705026154_AFINA_FARADISA)
SKRIPSI_1705026154_AFINA_FARADISA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

UMKM batik tuntangsari tak pernah terlepas dari permasalahan, baik itu internal ataupun eksternal. Permasalahan internal yang ditemui yakni minimnya permodalan serta kualitas dan kuantitas SDM yang tidak tersedia, sementara masalah ekstrenal yakni kebutuhan pelanggan dan keadaan pasar yang tak menentu dan bahan baku yang meningkat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan UMKM batik tuntangsari, apa saja faktor-faktor penghambat dalam proses pengembangan batik tuntangsari.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumenyasi, sementara analisa SWOT diterapkan dalam mengidentifikasi bermacam faktor secara tertsruktur dan merancang strategi sebuah perusahaan. Kemudian datanya dianalisis menggunakan analisis SWOT dan metode deskriptif kualitatif dengan startegi pengembangan pasar, Strategi pengembangan produk baru dan Strategi pengembangan SDM. Diterapkan dalam melihat bermacam faktor secara terstruktur dan merancang strategi sebuah perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan batik tuntangsari yang dapat digunakan yaitu Mengembangakan kealihan karyawan pemula melalui pelatihan dan magang, mengembangkan produk batik dengan ciri khas industri batik tuntangsari, mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dengan melakukan pembinaan, dan melakukan memperluas jangkauan pasar secara intensif dengan meningkatkan kualitas, variasi, serta inovasi produk batik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); Batik tulis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 746 Textile arts
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 07:00
Last Modified: 13 Nov 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics