Analisis strategi pengembangan tenaga kerja dalam meningkatkan produksi di Dahlia Bordir Kudus

Parasati, Wahyu Ambar (2021) Analisis strategi pengembangan tenaga kerja dalam meningkatkan produksi di Dahlia Bordir Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026158_Wahyu_Ambar_Parasati] Text (Skripsi_1705026158_Wahyu_Ambar_Parasati)
Skripsi_1705026158_Wahyu_Ambar_Parasati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya industri kecil di Kabupaten Kudus tercatat sangat baik. Sebab usaha tersebut mampu memberikan kontribusi perekonomian khususnya dalam menyediakan lapangan pekerjaan. Salah satu industri kecil yang menarik perhatian di Kabupaten Kudus adalah usaha bordir di desa Peganjaran yang terletak di Kec. Bae, Kab. Kudus. Berdirinya usaha tersebut banyak menyerap tenaga kerja serta menjadikan pihak usaha bordir melakukan pengembangan terhadap para pekerjanya baik yang kurang terampil maupun yang sudah senior. Pengembangan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan manfaat pada beberapa aspek, seperti sosial dan ekonomi. Seperti halnya pengembangan tenaga kerja yang dilakukan Dahlia Bordir Kudus kepada para pekerjanya untuk meningkatkan produksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan tenaga kerja dalam meningkatkan produksi di Dahlia Bordir Kudus, serta dampak ekonomi dan kesejahteraan yang didapat dengan adanya pengembangan tenaga kerja tersebut. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam menganalisis, menjelaskan dan menyimpulkan penelitian yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi pengembangan tenaga kerja dalam meningkatkan produksi yang diterapkan oleh Dahlia Bordir Kudus memberikan dampak positif bagi perekonomian yaitu banyaknya penyerapan tenaga kerja, perubahan mata pencaharian dan meningkatnya pendapatan. Sehingga, dengan tercukupinya kebutuhan keluarga dapat mensejahterakan para pekerja. Strategi pengembangan tenaga kerja yang diterapkan adalah mengadakan training pelatihan tenaga kerja, memberikan kesempatan pada tenaga kerja untuk menyampaikan kritikan dan saran serta memberikan reward kepada tenaga kerja unggulan. Strategi tersebut perlu dioptimalkan agar produksi terus meningkat dan minat konsumen dengan Bordir Dahlia semakin banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Tenaga kerja; Produksi; Bordir
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 07:15
Last Modified: 13 Nov 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics