Motivasi belajar rendah selama pemberlakuan belajar di rumah pada anak kelas 5 SD di perumahan Griya Indo Permai

Iranatandika, Prita Diva (2021) Motivasi belajar rendah selama pemberlakuan belajar di rumah pada anak kelas 5 SD di perumahan Griya Indo Permai. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704046065_Prita Diva Iranatandika_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1704046065_Prita Diva Iranatandika_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bekal besar dan penting bagi seluruh anak ialah ilmu bermanfaat dalam kegiatan formal pendidikan. Untuk itu pemerintah memberlakukan peraturan wajib belajar bagi seluruh anak bangsa. Tantangan apapun selalu diupayakan untuk diatasi sebaik mungkin oleh seluruh aspek pemerintah. Tak terkecuali pandemic COVID-19 yang melanda bumi pertiwi. Untuk mengatasi tantangan tersebut telah disetujui adanya penerbitan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah lewat Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid- 19). Kondisi baru pun dihadapi oleh seluruh pelajar untuk beradaptasi dengan suasana belajar baru yang di rumah. Tak terkecuali siswa Sekolah Dasar yang juga tengah menghadapi masa peralihan dari usia kanak-kanak menuju remaja. Kondisi ini memunculkan berbagai fenomena di masyarakat salah satunya motivasi belajar menjadi rendah sekaligus keresahan orang tua mendampingi anaknya belajar di rumah. Dengan fenomena demikian dan temuan di lapangan menjadi dasar terbentuknya penelitian ini mengenai urgensi rendahnya motivasi belajar pada anak kelas 5 SD di lingkungan Perumahan Griya Indo Permai RT. 02 RW 15, Semarang. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu guna mengetahui gambaran motivasi belajar rendah dan penyebab adanya motivasi belajar rendah pada anak kelas 5 SD di Perumahan Griya Indo Permai RT. 02 RW. 15 Semarang. Bentuk penelitian ini memiliki sifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun descriptive-kualitatif diterapkan dalam penelitian ini guna menganalisa hasil data dan temuan yang sudah berhasil ditelusuri selama penelitian berlangsung. Subjek penelitian ini merupakan anak kelas 5 SD yang bertempat tinggal di perumahan Griya Indo Permai. Setelah penelitian ini dilaksanakan, mengungkapkan hasil bahwa terdapat motivasi belajar rendah selama pemberlakuan belajar di rumah pada anak kelas 5 SD yang bertempat tinggal di Perumahan Griya Indo Permai. Gambaran motivasi belajar rendah pada subjek yaitu sering menunda waktu belajar dengan memilih mendahulukan aktivitas lain dan belum memahami pentingnya peran motivasi belajar dalam kehidupannya. Kemudian terdapat dua faktor yang menjadi penyebab adanya motivasi belajar rendah pada siswa kelas 5 SD di Perumahan Griya Indo Permai yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran; metode belajar mengajar; Motivasi Belajar; Masa Pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Nov 2021 07:30
Last Modified: 13 Nov 2021 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics