Komparasi pengendalian diri siswa antara yang puasa dan tidak puasa sunah Senin Kamis di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes

Umam, M. Khoirul (2020) Komparasi pengendalian diri siswa antara yang puasa dan tidak puasa sunah Senin Kamis di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016111_M. Khoirul Umam_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503016111_M. Khoirul Umam_Lengkap)
1503016111_M. Khoirul Umam_Lengkap Tugas Akhir - Umam Rasyid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pengendalian diri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan ini, menjadi kunci untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan. Kesuksesan dan keberhasilan diri dalam mencapai cita-cita, profesi, dan bersosial , hanya dapat dilakukan oleh individu yang memiliki pengendalian diri tinggi. Sebaliknya, individu dengan tingkat pengendalian rendah akan mudah terjerumus kedalam perilaku dan perbuatan negatif. Namun demikian, pengendalian diri bersifat fluktuatif, sehingga masih dapat ditingkatkan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah puasa sunah senin kamis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: (1). Bagaimanakah pengendalian diri siswa SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes yang berpuasa sunah senin kamis? (2). Bagaimanakah pengendalian diri siswa SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes yang tidak berpuasa sunah senin kamis? (3). Apakah terdapat perbedaan signifikan pengendalian diri siswa, antara yang puasa dan tidak puasa sunah senin kamis di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes?. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan kuantitatif. Sementara itu, metode yang digunakan adalah metode komparatif, dengan menggunakan rumus Independent Samples t-Test. Instrument pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik Sampling yang digunakan adalah Purposive Sample.
Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: (1). Pengendalian diri siswa SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes yang berpuasa sunah senin kamis, berada pada tingkat kategori sedang. Dengan nilai Mean, 173,20 dan Std. deviation 11,684. (2). Pengendalian diri siswa SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes yang tidak berpuasa sunah senin kamis, berada pada tingkat kategori sedang. Dengan nilai mean, 148,23 dan Std. deviation 13,997. (3). Terdapat perbedaan yang signifikan pengendalian diri siswa antara yang puasa dan tidak puasa sunah senin kamis di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Brebes

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengendalian diri; Puasa sunah senin kamis; Mean; Std. deviation; Independent samples t-Test
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:58
Last Modified: 17 Nov 2021 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics