Strategi wirausaha pedagang perempuan di pasar tradisional Sidorejo Brangsong Kendal dalam meningkatkan perekonomian keluarga perspektif ekonomi Islam

Noviana, Nurul (2020) Strategi wirausaha pedagang perempuan di pasar tradisional Sidorejo Brangsong Kendal dalam meningkatkan perekonomian keluarga perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026215_Nurul_Noviana] Text (Skripsi_1705026215_Nurul_Noviana)
Skripsi_1705026215_Nurul_Noviana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi dunia sekarang ini begitu pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan papan. Kebutuhan keluarga yang semakin banyak mendorong para perempuan untuk membantu dalam perekonomian keluarga dengan berdagang di pasar tradisional . banyak dari para perempuan dalam berdagang, kurang memperhatikan strategi wirausaha yang baik dan bener, kebanyakan para pedagang perempuan menjual dagangan yang penting mendapatkan keuntungan dan dapat mencukupi kebutuhan keluarga tidak memperhitungkan manejaman dagang, strategi pemasaran dan perkembangan usahanya dimasa depan padahal itu sangat penting untuk memajukan usahanya. Sehubungan itu penulis memilih pasar tradisional sidorejo sebagai objek peneliti karena peluang menjadi pedagang – pedagang sukses khususnya pedagang perempuan dimana kebanyakan barang yang diperdagangkan merupakan barang berkualitas tinggi, seperti pedagang sayur dan buah . Kebanyakan mereka memetik hasil panen dari kebun mereka sendiri dengan kualitas barang yang bagus.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kualitatif dengan memperhatiakan empat kunci yaitu ilmiah, data tujuan dan kegunaannya. Objek penelitian ini para pedagang perempuan di pasar tradisional sidorejo brangsong Kendal. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan Observasi, wawancara, Dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemahaman pedagang dalam strategi pemasaran yang meliputi kualitas barang, harga, strategi pelayanan, kelengkapan barang, tempat strategis dan strategi promosi. Sedangkan di strategi manajemen kurang bisa mengontrol pendapatan dan pengeluaran darihasil usaha dengan semaksimal mungkin. Tetapi untuk mendapatkan modal dipasar tersebut banyak BPR dan BMT yang memberikan pinjaman untuk modal.

ABSTRACT:
the development of the world economy today is very rapid along with the development and increasing human needs for clothing, food and shelter. Increasing family needs encourage women to help in the family economy by trading in traditional markets. Increasing family needs encourage women to help in the family economy by trading in traditional markets. many of the women in trading, do not pay attention to a good and right entrepreneurial strategy, most women traders sell merchandise that are important to get profits and can meet the needs of the family do not take into account trade management, marketing strategies and business development in the future when it is very important to advance their business . In this connection, the writer chose the Sidorejo traditional market as the object of research because of the opportunity to become successful traders, especially women traders, where most of the traded goods are high quality goods, such as vegetable and fruit traders. Mostly they pick their crops from their own gardens with good quality.
This study uses a qualitative approach by looking at four keys, namely scientific, purpose and usefulness data. The object of this study is female traders in the Sidorejo Brangsong Kendal traditional market. In collecting data researchers used observations, interviews, documentation, and questionnaires. The results revealed that the understanding of traders in marketing strategies that include quality of goods, prices, service strategies, completeness of goods, strategic places and promotional strategies. Whereas the management strategy is less biased in managing revenue and expenses from business results well. But for capital adequacy in the market there are many BPRs and BMTs that provide loans for capital.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi wirausaha; Pedagang perempuan; Pasar tradisional; Perekonomian keluarga; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Nov 2021 07:54
Last Modified: 16 Nov 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics