Etika pendidik dalam menyampaikan pelajaran Hadis Abdullah Bin Amr

Bakhri, Dimas Syaeful (2021) Etika pendidik dalam menyampaikan pelajaran Hadis Abdullah Bin Amr. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016158_Dimas Syaeful Bakhri_Full] Text (SKRIPSI_1503016158_Dimas Syaeful Bakhri_Full)
1503016158_Dimas Syaeful Bakhri_Full Skripsi - Dimas Syaeful Bakhri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Membahas pendidikan tidak akan bisa dipisahkan dari peran pendidik. Pendidik adalah orang yang pertama kali dijumpai oleh setiap individu yaitu orang tuanya sendiri, kemudian guru pada pendidikan formal. Faktor terpenting bagi seorang pendidik adalah etikanya.Itulah yang akan menentukan dia akan akan menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi peserta didiknya. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab status hadis riwayat Abdulah bin Amr tentang etika seorang pendidik serta etika apa yang terkandung didalam hadis tersebut. Dengan tujuan menggali suri tauladan Rasulullah bagi seorang pendidik dalam mengajar dengan etka-etika yang telah di ajarkan melalui hadis qauli dari Rasulullah saw.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan teknik studi kepustakaan (library research). Data diperoleh dari kitab-kitab hadis beserta syarah-nya, kitab-kitab yang relevan dan buku-buku. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Etika pendidik/guru dalam mengajar:Perintah menyampaikan ilmu kepada peserta didik, memahami secara spesifik ilmu yang akan disampaikan, menyampaikan ilmu dari sumber apapun selama sumbernya benar dan dapat di percaya, jujur, jangan sekali-kali berbohong. (2) Etika pendidik terhadap peserta didik: Pendidik harus bersikap adil, pendidik harus berniat ikhlas, pendidik harus berlaku dan berkata jujur, pendidik harus bersifat lemah lembut dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika pendidik; Hadis Abdullah Bin Amr
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:45
Last Modified: 19 Nov 2021 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics