Penanaman nilai-nilai religius di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang

Shobah, Nila Zulfiatush (2021) Penanaman nilai-nilai religius di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016164_Nila Zulfiatush Shobah_Full] Text (Skripsi_1503016164_Nila Zulfiatush Shobah_Full)
1503016164_Nila Zulfiatush Shobah_Full Skripsi - Nila Zulfiatush Shobah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap tentang penanaman nilai-nilai religius di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang yang dilatar belakangi oleh kemerosotan akhlak peserta didik seiring dengan berkembangnya zaman. Maka dari itu madrasah sebagai sarana pendidikan kedua setelah keluarga berperan untuk menumbuhkan dan memperkuat pondasi akhlah peserta didik. Penanaman nilai-nilai religius di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang tidak hanya pada kegiatan pembelajaran saja, melainkan juga dilakukan melalui kegiatan pembiasaan keagamaan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai religius di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang melalui kegiatan pembiasaan keagamaan. Jenis-jenis nilai religius yang ditanamkan di MIT Nurul Islam Ringinwok Ngaliyan Semarang adalah nilai tauhid/aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Adapun penanaman nilai-nilai religius ini dilaksanakan melalui metode pembiasaan, nasehat dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai-nilai religius; Kegiatan pembiasan keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:50
Last Modified: 19 Nov 2021 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics