Hubungan antara self efficacy dan self concept dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara

Fahrudin, Muhammad (2020) Hubungan antara self efficacy dan self concept dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016174_Muhammad Fahrudin_full] Text (SKRIPSI_1503016174_Muhammad Fahrudin_full)
1503016174_MUHAMMAD FAHRUDIN_FULL SKRIPSI - Fahrudin Muhammad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara self efficacy dan self concept dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Adakah hubungan antara self efficacy dan self concept dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara. Penelitian yang dilakukan penulis termasuk penelitian lapangan (fiield research) dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Untuk menguji hipotesis peneliti, dilakukan analisis statistik dengan analisis uji korelasi. Subyek penelitian sebanyak 56 responden, yang diambil dari siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk menggali data tentang self efficacy (variabel X1) dan self concept (variabel X2), sedangkan untuk hasil belajar PAI (variabel Y) digunakan metode tes pengetahuan.
Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pada analisis ini diperoleh koefisien korelasi ganda tentang hubungan variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,599. Kemudian dilanjut menghitung uji signifikansinya diperoleh Fhitung sebesar 14,85, Sedangkan untuk Ftabel = 3,17. Dari hasil yang diperoleh Fh = 14,85 > Ft= 3,17, berarti signifikan. Artinya dari keterangan ini diketahui bahwa Fh = 14,85 lebih besar dari Ft= 3,17 berarti signifikan atau hipotesis diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa ada hubungannya dengan self efficacy dan self concept pada mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara Sehingga hipotesis yang diajukan “hubungan antara self efficacy dan self concept dengan hasil belajar mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jepara” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hubungan self efficacy; Self concept; Hasil belajar PAI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:54
Last Modified: 19 Nov 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics