Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era Covid-19 (studi kasus TPQ Al Makhis Kebondalem Pemalang)

Lestari, Tri Aji Indah (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era Covid-19 (studi kasus TPQ Al Makhis Kebondalem Pemalang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016018_Tri Aji Indah Lestari_Full Skripsi] Text (SKRIPSI_1703016018_Tri Aji Indah Lestari_Full Skripsi)
1703016018_Tri Aji Indah Lestari_Full Skripsi - Tri Aji Indah Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam suatu lingkungan belajar yang membahas tentang semua materi yang berkaitan dengan pendidikan Agama Islam. Di Era Covid-19, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring baik pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Maka dari itu, Taman Pendidikan al-Quran sebagai pendidikan nonformal memiliki andil dalam pelaksanaan proses pembelajaran PAI di era pandemi seperti ini dikarenakan sebagian besar kegiatan pendidikan di TPQ masih dilakukan secara tatap muka.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana proses pembelajaran PAI yang ada di TPQ Al Makhis Kebondalem Pemalang? 2) Hal apa saja yang menunjang pembelajaran PAIdi TPQ Al Makhis pada masa pandemi covid-19?
Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) Al Makhis Kebondalem Pemalang adalah salah satu TPQ yang didirikan di lingkungan padat penduduk di kelurahan Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Selain melakukan kegiatan pembelajaran al-Quran, di TPQ tersebut juga melakukan pemberian materi tambahan seperti materi PAI yang didapat di sekolah mencakup fiqih, akidah akhlak, tauhid, tarikh (sejarah Islam), tajwid, dan sebagainya terlebih di tengah masa pandemi covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Keberadaan TPQ sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran PAI di masa pandemi dikarenakan selain membantu peserta didik mendapatkan materi PAI, TPQ juga dapat mendidik peserta didik agar berperilaku dan berbuat baik dengan penanaman nilai-nilai islami.
Proses pembelajaran dapat berjalan apabila masing-masing komponen dan upaya yang dilakukan dalam menunjang pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
Hasil penelitian ini memberikan saran bahwa proses pembelajaran PAI yang diberikan di TPQ layak dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di tengah masa pandemi agar pembelajaran PAI tetap tersampaikan dan bertujuan agar peserta didik dapat menerapkan dari materi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Taman Pendidikan al-Quran (TPQ); Coronavirus disease 2019 (Covid-19)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:20
Last Modified: 27 Nov 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics