Analisis buku teks mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester I karya Muchtaridi kurikulum 2013

Ulya, Himmatul (2021) Analisis buku teks mata pelajaran kimia SMA kelas XI semester I karya Muchtaridi kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403076022_HIMMATUL_ULYA] Text (SKRIPSI_1403076022_HIMMATUL_ULYA)
SKRIPSI_1403076022_HIMMATUL_ULYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Buku teks pelajaran adalah bagian terpenting dalam aspek pendidikan. Standar Nasional Pendidikan dari buku teks pelajaran adalah salah satu bagian dari standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh suatu instansi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks pelajaran kimia kelas XI dengan aspek-aspek rumusan masalah Kurikulum 2013 revisi 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah triangulasi peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis buku siswa berdasarkan Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Hasil analisis menunjukkan kesesuaian buku teks pelajaran kimia kelas XI semester I dengan rumusan kurikulum 2013 revisi 2016 pada 8 aspek yang dianalisis yang sesuai dengan standar nasional pendidikan kurikulum 2013 ada 5 aspek yang sesuai yaitu: hasil persentase aspek kesesuaian dengan SKL rata-rata diperoleh 79,5% dalam kategori Cukup, aspek kesesuaian dengan KI rata-rata diperoleh 82,5% dalam kategori Baik, aspek kesesuaian dengan KD rata-rata diperoleh 83,67% dalam kategori Baik, aspek kecukupan materi rata-rata diperoleh 85% dalam kategori Baik, aspek pendekatan saintifik rata-rata diperoleh 71,2% dalam kategori Cukup, sedangkan 3 aspek belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 yaitu: aspek kedalaman materi rata-rata diperoleh 66,16% dalam kategori Kurang karena hanya mencantumkan C1 sampai C4 saja, aspek penilaian autentik rata-rata diperoleh 36,06% dalam kategori Kurang karena hanya sampai pada penilaian C3 saja, dan aspek literatur buku rata-rata diperoleh 50% dalam kategori Kurang karena tidak ada pencantuman jurnal dalam buku tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku teks; Pelajaran kimia; Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:34
Last Modified: 18 Nov 2021 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics