Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Di SMP N 3 Weleri

Khusnah, Naimmatuzzulfa Fauzul (2021) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Di SMP N 3 Weleri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016021_Naimmatuzzulfa_Full] Text (SKRIPSI_1703016021_Naimmatuzzulfa_Full)
1703016021_Naimmatuzzulfa_Full Skripsi - Naimmatuzzulfa FK(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengulas pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP N 3 Weleri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perhatian orang tua siswa kelas VIII di SMPN 3 Weleri, 2) untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMPN 3 Weleri, 3) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP N 3 Weleri.
Jenis riset ialah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Populasi terdiri 176 siswa serta menggunakan teknik simple random sampling dengan melibatkan 60 siswa sebagai sampel.
Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP N 3 Weleri. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi dengan nilai F lebih kecil dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yakni sebesar F¬ = 3,61 < Ft0,05 = 4,01 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga koefisien regresi tidak signifikan. Jadi sedikit banyaknya perhatian orang tua tidak berpengaruh kepada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP N 3 Weleri.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi pihak sekolah agar semakin meningkatkan kualitas faktor lain yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Disamping itu, pihak sekolah sayogyanya juga harus berkoordinasi lebih banyak lagi kepada orang tua siswa supaya mampu memberikan instruksi yang tepat kepada anak didik atas dasar kelemahan belajar yang diinformasikan oleh pihak sekolah kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:21
Last Modified: 27 Nov 2021 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics