Pendidikan karakter bagi santri di As Shuffah Institute Kabupaten Rembang

Apriliana, Evita Nur (2021) Pendidikan karakter bagi santri di As Shuffah Institute Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016023_EVITA NUR APRILIANA_lengkap] Text (SKRIPSI_1703016023_EVITA NUR APRILIANA_lengkap)
1703016023-EVITA-LENGKAP TUGAS AKHIR - EVITA NUR APRILIANA UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai apasajakah yang menjadi landasan dalam pembentukan karakter santri di As-Shuffah Institute? Dan bagaimana strategi pendidikan karakter di As-Shuffah Institute? Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi referensi terkait. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah As Shuffah Institute mengembangkan sepuluh nilai dasar dalam praktik pendidikan karakter. Nilai-nilai yang menjadi dasar yakni nilai ketauhidan, nilai keilmuan, nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai kesederhanaan, nilai keadilan, persamaan, dan kemanusiaan, nilai kekeluargaan, nilai toleransi dan cinta tanah air, serta nilai cinta lingkungan. Nilai-nilai tersebut diinternalisasikan melalui strategi modeling sebagai pendekatan utama, dipadukan dengan kajian kitab kuning sebagai sarana memberikan pengetahuan nilai, Riyaḍah untuk mengaktualisasikan nilai, dan konseling sufistik untuk menguatkan sisi afektif berdasarkan fitrah illahiyah dan fitrah insaniyah dalam diri santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Santri; Pesantren; as Shuffah Institute
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:23
Last Modified: 27 Nov 2021 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics