Hubungan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan motivasi belajar dengan akhlak peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal
Nauroh, Urfi (2021) Hubungan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan motivasi belajar dengan akhlak peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703016026_Urfi Nauroh_Full SKripsi - Urfii Nauroh(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dan motivasi belajar dengan akhlak peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali: (1) hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam (X1) dengan akhlak peserta didik (Y); (2) hubungan antara motivasi belajar (X2) dengan akhlak peserta didik (Y); (3) hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dan motivasi belajar dengan akhlak peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan cara statistik inferensial.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam (X1) dengan akhlak peserta didik (Y) kelas VII di SMP N 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal dengan nilai R Square = 0,780, artinya hubungannya kuat; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan akhlak peserta didik (Y) Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal dengan nilai R Square = 0,973, artinya hubungannya sangat kuat; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan akhlak peserta didik (Y) kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal dijelaskan pada nilai R2 (R-Square) sebesar 97,4% artinya hubungannya sangat kuat, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitungyang lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung = 2741,606 ˃ Ftabel(0,05;2;168)= 3,06).
Diharapkan prestasi belajar pendidikan agama Islam yang dicapai serta motivasi belajar yang dimiliki peserta didik dapat membentuk akhlak yang baik pada peseta didik dalam perilaku sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar PAI; Motivasi belajar; Akhlak peserta didik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 02:39 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 02:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13780 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year