Peran majelis taklim Roudhotut Tholibin dalam pembinaan akhlak remaja Desa Cangkring Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Sufa, Lita Khoerunnisa (2021) Peran majelis taklim Roudhotut Tholibin dalam pembinaan akhlak remaja Desa Cangkring Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016053_Lita Khoerunnisa Sufa_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703016053_Lita Khoerunnisa Sufa_Lengkap)
1703016053_Lita Khoerunnisa Sufa_Legkap Tugas Akhir - Lita Khoerunnisa S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Majelis Taklim Roudhotut Tholibin dalam pembinaan akhlak remaja di Desa Cangkring Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pokok-pokok permasalahan yaitu 1. Apa sajakah program Majelis Taklim Roudhotut Tholibin di Desa Cangkring Kecamatan Talang Kabupaten Tegal? 2. Bagaimana peran Majelis Taklim Roudhotut Tholibin dalam membina akhla remaja di Desa Cangkring? Permasalah tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Majelis Taklim Roudhotut Tholibin Desa Cangkring. Majelis taklim tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang perannya dalam pembinaan akhlak remaja Desa Cangkring.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data diperoleh dengan ketekunan pengamat, triangulasi teknik dan sumber serta menggunakan bahan referensi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Majelis Taklim Roudhotut Tholibin dalam pembinaan akhlak remaja Desa Cangkring berjalan dengan sangat baik. Dengan seluruh program-program yang telah dilaksanakan, majelis taklim dinilai sebagai lembaga non formal yang paling efektif dalam menjalankan peranannya untuk membina akhlak remaja karena keberadaanya yang berada ditengah-tengah masyarakat. Peran Majelis Taklim Roudhotut Tholibin dalam pembinaan akhlak remaja Desa Cangkring Kecamatan Talang Kabupaten Tegal diantaranya yaitu, sebagai sarana belajar agama bagi remaja, sarana pembinaan akhlak remaja, sarana syiar agama Islam dan sebagai sarana untuk menjalin silaturrahim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran majelis taklim; Pembinaan akhlak; Remaja Desa Cangkring
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:48
Last Modified: 27 Nov 2021 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics