Implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) di MAN 1 Banjarnegara

Permana, Sandika Agung (2021) Implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) di MAN 1 Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016058_Sandika Agung Permana_lengkap] Text (SKRIPSI_1703016058_Sandika Agung Permana_lengkap)
1703016058_Sandika_Agung_Permana_SKRIPSI_FUUL[1] - sandika agung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (880kB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam (IPPA) di MAN 1 Banjarnegara, Implementasi disini adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan sebuah metode tertentu oleh individu atau kelompok (organisasi) yang dijalankan guna mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai atau sudah disepakati bersama. Tujuan adanya implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara adalah membentuk karakter pecinta lingkungan hidup pada pengurus, anggota oraganisasi atau bahkan siswa diluar organisasi yaitu supaya peka atau tergugah untuk menjaga dan melestarikan lingkukan dan bisa memecahkan permasaahan lingkungan disekitarnya..
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara, 2) Proses implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara, 3) Faktor pendukung dan penghambat proses implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara. Pendekatan penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Pembina organisasi ikatan pelajar pecinta alam MAN 1 Banjarnegara, ketua organisasi, pengurus/koordinator divisi lingkungan hidup/anggota organisasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan : reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan : 1) Pendidikan lingkungan hidup dalam pandangan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara meliputi pendidikan melalui keteladanan, pendidikan melalui nasehat, pendidikan melalui hukuman, pendidikan melalui cerita dan pendidikan melalui pembiasaan. 2) Proses implementasi tentang implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam pandngan Islam pada organisasi ikatan pelajar pecinta alam di MAN 1 Banjarnegara melalui beberapa langkah yaitu Langkah pertama, dengan cara pemberian materi atau pemahaman tentang pentingnya sikap kepedelulian terhadap lingkungan hidup bagi-nya dan Islam Juga menganjurkan untuk mencintai lingkungan hidup seperti menjaga dan melestarikannya. Langkah kedua, pembuatan program kerja berdasarkan rencana dan tujuan yang disepakati. Langkah ketiga, terimplementasikan pendidikan tersebut dengan cara melakukan penerjunan langsung atau menjalankan program kerja dengan aksi nyata. 3) Faktor pendukung proses implementasi pendidikan tersebut adalah madrasah tidak menutup minat organisasi dalam mengembangkan programnya, sarana dan prasarana yang mendukung, madrasah memiliki mentor-mentor yang kompeten dalam bidangnya dan juga ada dukungan dari pihak luar madrasah yang terkait. Faktor penghambat proses implementasi pendidikan tersebut adalah kurangnya dukungan siswa madrasah yang diluar organisasi, seperti masih banyak siswa yang diluar organisasi membuang sampah sembarangan, masih kurangnya inovasi dari pengurus/anggota dalam melaksanakan dan mengembangkan program kerja, kurangnya dana ketika akan melakukan suatu kegiatan. Solusi atas hambatan tersebut adalah Menguatkan lagi prinsip dan tujuan organisasi terhadap pengurus dan anggota, Lebih inovatif lagi dalam melaksanakan dan mengembangkan program kerja, Mencari tambahan dana dari sponsor dan juga ada Iuran alumni organisasi untuk membantu terlaksananya kegiatan dan Pembina/pembimbing melakukan mentoring dan monitoring terhadap pengurus atau anggota organisasi dalam melaksanakan kegiatan/program kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan lingkungan; Kegiatan organisasi
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:01
Last Modified: 27 Nov 2021 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics