Student attitudes toward chemistry lessons (SATCL) siswa kelas XI SMA Negeri 13 Semarang ditinjau dari gaya kognitif melalui pembelajaran proyek pada materi laju reaksi

Pramesti, Widya (2020) Student attitudes toward chemistry lessons (SATCL) siswa kelas XI SMA Negeri 13 Semarang ditinjau dari gaya kognitif melalui pembelajaran proyek pada materi laju reaksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503076005_WIDYA_PRAMESTI] Text (SKRIPSI_1503076005_WIDYA_PRAMESTI)
SKRIPSI_1503076005_WIDYA_PRAMESTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap peserta didik terhadap kimia (student attitudes toward chemistry lessons) serta minat belajar peserta didik rendah, sehingga berdampak pada nilai akademik yang belum mencapai KKM. Upaya sadar menyikapi hal ini, perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui student attitudes toward chemistry lessons ditinjau dari gaya kognitif pada materi laju reaksi melalui pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan eksperimen dengan desain pre experimental design dan bentuk one group pretest-postest design. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (student attitudes toward chemistry lessons).
Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Uji peningkatan dengan N-Gain student attitudes toward chemistry lessons antara peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dan peserta didik dengan gaya kognitif field independent berturut-turut adalah 0,05 (kategori rendah) dan 0,24 (kategori rendah). Adapun nilai koefisien korelasi antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif, didapatkan rhitung = 0,4229 dengan taraf signifikansi 5% rtabel = 0,329. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi positif antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif. Interpretasi terhadap koefisien korelasi sebesar 0,4229 yang termasuk dalam interval sedang antara 0,400-0,429. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MIPA 2 memiliki perbedaan student attitudes toward chemistry lesson ditinjau dari gaya kognitif melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi laju reaksi dan hubungan antara student attitudes toward chemistry lessons dengan gaya kognitif dinyatakan terdapat hubungan positif sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Student Attitudes Toward Chemistry Lessons (SATCL); Gaya kognitif; Pembelajaran proyek; Laju reaksi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 02:23
Last Modified: 20 Nov 2021 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics