Pemakaian jilbab syar’i dan pengaruhnya terhadap ketaatan beribadah salat siswi di MTs Ma’arif 2 Blora

Saibah, Siti Nailus (2021) Pemakaian jilbab syar’i dan pengaruhnya terhadap ketaatan beribadah salat siswi di MTs Ma’arif 2 Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016066_Siti Nailus Saibah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703016066_Siti Nailus Saibah_Lengkap)
1703016066_Siti Nailus Saibah_Lengkap Tugas A - nailus saibah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, semakin banyak wanita mengenakan jilbab, termasuk di dalamnya para siswi yang sedang menempuh pendidikan. Hal ini bukan hanya ditemukan di sekolah yang berada di bawah naungan kemenag, tetapi juga yang berada di bawah naungan kemendikbud. Sayangnya, masih ada diantara siswi tersebut yang belum menjalankan salat, bahkan dalam salat fardu (padahal sudah mencapai usia aqil baligh). Dimana hal tersebut mengisyaratkan bahwa antara pemakaian jilbab dan ibadah salat keduanya merupakan kewajiban yang harus sama-sama dijalankan. Ketimpangan tersebut memicu pertanyaan apakah peningkatan pemakaian jilbab juga memberikan pengaruh terhadap ketaatan beribadah salat.
Pemilihan MTs Ma’arif 2 Blora sebagai tempat penelitian dilakukan, sebab siswi MTs Ma’arif 2 diharuskan untuk mengenakan jilbab dan salat dzuhur berjama’ah ketika di sekolah. Fakta tersebut tentu penting untuk mengetahui pengaruh pemakaian jilbab terhadap ketaatan beribadah salat siswi MTs Ma’arif 2 Blora. Penelitian ini dilakukan dengan metode quantitative research dengan instrumen penelitian berupa angket (kuesioner), dengan responden sejumlah 75 siswi kelas IX (berdasarkan rekomendasi dari pihak sekolah).
Data penelitian yang diperoleh kemudian dilakukan data dengan menggunakan teknik analisis data statistik. Diawali dengan analisis pendahuluan, uji hipotesis, kemudian analisis lanjut. Setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa pemakaian jilbab memberikan pengaruh sebesar 12,7% terhadap ketaatan beribadah salat siswi MTs Ma’arif 2 Blora, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Selain itu, setelah dilakukan uji-t (parsial), diperoleh data bahwa pemakaian jilbab berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan beribadah salat siswi dengan nilai thitung 9,105 > ttabel 1,669 dan nilai sigifikansi 0,002 < 0,05, yang berarti bahwa Ha diterima. Sehingga data tersebut menunjukkan bahwa pemakaian jilbab berpengaruh terhadap ketaatan beribadah salat siswi MTs Ma’arif 2 Blora.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wanita; Jilbab; Salat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:09
Last Modified: 27 Nov 2021 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics