Pengembangan e-modul kimia berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik kendaraan ringan

Nisa', Maulida Akmala (2020) Pengembangan e-modul kimia berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik kendaraan ringan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503076031_Maulida_Akmala_Nisa] Text (Skripsi_1503076031_Maulida_Akmala_Nisa)
Skripsi_1503076031_Maulida_Akmala_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan e-modul kimia berbasis Contextual (CTL) pada materi minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik kendaraan ringan dilatar belakangi karena kurangnya sumber belajar kimia SMK khususnya bidang keahlian teknik kendaraan ringan, selain itu buku yang digunakan belum mengintegrasikan kimia dengan bidang keahlian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik dan mengkaji kualitas modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development, dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan situasi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan dilaksanakannya penelitian uji coba kelas kecil. Karakteristik dari e-modul yang dikembangkan terlihat pada keterkaitan materi kimia dengan konteks kejuruan teknik kendaraan ringan. Selain itu juga dilengkapi dengan basis Contextual Teaching Learning (CTL) yakni yang menampilkan konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan peserta didik secara nyata. Hasil uji kualitas e-modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian validator materi memperoleh nilai 0,80 dengan kategori tinggi, penilaian validator ahli media memperoleh nilai 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data hasil uji validasi maka dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) terintegrasi konteks kejuruan Teknik kendaraan ringan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; E-modul kimia; Contextual Teaching Learning (CTL); Minyak bumi; Kejuruan; Teknik kendaraan ringan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 02:47
Last Modified: 20 Nov 2021 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics