Pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang

Ula, Shikha Nur Wakhidatul (2021) Pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016083_Shikha Nur Wakhidatul Ula_Full Skripsi] Text (SKRIPSI_1703016083_Shikha Nur Wakhidatul Ula_Full Skripsi)
1703016083_Shikha Nur Wakhidatul Ula_Full Skripsi - Shikha Nur Wakhidatul Ula(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Intensitas Kegiatan Membaca Al Quran Terhadap Ibadah Salat Fardhu Siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui: 1. Intensitas kegiatan membaca Al Quran siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 2. Pelaksanaan ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 3. Ada dan tidaknya pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa angket dengan sampel yang digunakan berjumlah 96 dari siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa ada dalam kategori “cukup”. Berdasarkan data, bahwa nilai rata-rata intensitas kegiatan membaca Al Quran sebesar 47,68 yakni berada pada kategori “cukup” dan nilai rata-rata ibadah salat
fardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Al Quran; Salat; Membaca; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 02:07
Last Modified: 28 Nov 2021 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics