Pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang
Ula, Shikha Nur Wakhidatul (2021) Pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703016083_Shikha Nur Wakhidatul Ula_Full Skripsi - Shikha Nur Wakhidatul Ula(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Intensitas Kegiatan Membaca Al Quran Terhadap Ibadah Salat Fardhu Siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui: 1. Intensitas kegiatan membaca Al Quran siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 2. Pelaksanaan ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang 3. Ada dan tidaknya pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa angket dengan sampel yang digunakan berjumlah 96 dari siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa ada dalam kategori “cukup”. Berdasarkan data, bahwa nilai rata-rata intensitas kegiatan membaca Al Quran sebesar 47,68 yakni berada pada kategori “cukup” dan nilai rata-rata ibadah salat
fardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunyafardhu sebesar 82,02 yang berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana mengungkapkan bahwa pengaruh intensitas kegiatan membaca Al Quran terhadap ibadah salat fardhu siswa di MTs Hidayatus Syubban pada signifikan taraf 5% adalah 〖 F〗_hitung = 19,10 > F_tabel = 3,94. Oleh karena itu, hipotesis yang penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik intensitas siswa membaca Al Quran semakin baik pula pelaksanaan ibadah salat fardhunya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas, Al Quran; Salat; Membaca; Ibadah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Nov 2021 02:07 |
Last Modified: | 28 Nov 2021 02:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13828 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year