Peran kiai dalam pembinaan akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Furqon Mranggen Demak

Adnani, Lulu Salsabyla (2021) Peran kiai dalam pembinaan akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Furqon Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016086_LuluSalsabylaAdnani_FULL] Text (SKRIPSI_1703016086_LuluSalsabylaAdnani_FULL)
1703016086_LuluSalsabylaAdnani_FULL SKRIPSI - Lulu Salsabyla Adnani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran penting dalam pondok pesantren tidak terlepas dari fungsi tradisionalnya yaitu sebagai transmisi dan transfer ilmu-ilmu Islam, pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama. Pesantren diharapkan mampu menjalankan fungsi tradisionalnya yaitu menjadi pusat pemberdayaan sosial, ekonomi, masyarakat, tetapi juga berperan menjadi pusat rehabilitasi sosial. Kiai memiliki peranan yang besar dalam upaya melakukan pembinaan akhlak terhadap santri didalam lembaga pesantren agar santri dapat istiqomah dalam mengaplikasikan akhlak terpuji. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang difokuskan pada objek dan subjek penelitian (kiai dan santri). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Kiai dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Furqon Mranggen Demak. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasilnya adalah a). Kiai sebagai figur sentral berperan sebagai pemimpin, pengajar, pengasuh, dan Mubaligh, b). Metode yang digunakan kiai dalam membina akhlak santri yaitu metode keteladanan, pembiasaan, kedisiplinan, nasihat, pujian dan hukuman, kemandirian dan ibrah yang dapat membentuk akhlak santri menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Kiai; Pembinaan akhlak santri; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 02:08
Last Modified: 28 Nov 2021 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13833

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics