Efektivitas model pembelajaran 3C3R terhadap pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara
Suroyya, Sherin Himmatus (2020) Efektivitas model pembelajaran 3C3R terhadap pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503076052_Sherin_Himmatus_Suroyya_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 3C3R (Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting) terhadap pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara. Metode yang digunakan yaitu metode kuatitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretestposttest dan angket self efficacy. Berdasarkan uji pihak kanan diperoleh data untuk pemahaman konsep peserta didik dengan t 1,999, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep peserta didik hitung 10,50 > t tabel dengan perlakuan model pembelajaran 3C3R lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Untuk angket self efficacy peserta didik dengan t 1,669, sehingga dapat disimpulkan bahwa self efficacy peserta didik dengan hitung 6,484 > t tabel perlakuan model pembelajaran 3C3R lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik dengan model pembelajaran 3C3R lebih unggul dibandingkan peserta didik dengan model pembelajaran konvensional. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran 3C3R (Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting) pada materi kesetimbangan kimia sebesar 76,4% kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Kesetimbangan kimia; Pemahaman konsep; Self efficacy |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Nov 2021 03:28 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 03:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13835 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year