Implementasi akhlak al-ijtima’iyah dalam novel “Konspirasi Alam Semesta” karya Fiersa Besari

Utama, Tita Yunita (2020) Implementasi akhlak al-ijtima’iyah dalam novel “Konspirasi Alam Semesta” karya Fiersa Besari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026066_Tita Yunita Utama_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026066_Tita Yunita Utama_SKRIPSI LENGKAP)
1501026066_Tita Yunita Utama_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Tita Yunita Utama (1501026066) dengan judul “Implementasi Akhlak Al-Ijtima’iyah Dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari.” Konspirasi Alam Semesta merupakan sebuah album buku (albuk) dalam bentuk novel yang ditulis oleh Fiersa Besari. Di beberapa bagian cerita diselipkan lirik lagu, yang mewakili cerita. Novel ini menceritakan akhlak yang diterapkan di kehidupan sosial, yakni akhlak al-ijtima’iyah. Lalu dikaitkan dengan nilai dakwah dalam bentuk kemanusiaan. Novel ini mengajak pembaca untuk menerapkan nilai kemanusiaan dan meneladani sikap dan tingkah laku tokoh utama, Juang Astrajingga. Meskipun novel ini tidak ada unsur keislamannya, namun secara implisit berkaitan dengan pesan-pesan Islami. Novel ini mengajari cara memanusiakan manusia. Lalu sang tokoh utama mampu menyatukan dua perbedaan hingga terbentuklah sebuah ukhuwah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah “Bagaimana implementasi akhlak al-ijtima’iyah yang berkaitan dengan nilai dakwah tentang kemanusiaan melalui novel Konspirasi Alam Semesta. Karya Fiersa Besari?” Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui penerapan akhlak al-ijtimaiyah yang berkaitan dengan nilai dakwah dalam lingkup kemanusiaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dimulai dari langkah pembentukan data, reduksi data, penarikan infrensi atau simpulan, dan langkah terakhir analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan akhlak al-ijtima’iyah dengan nilai-nilai dakwah kemanusiaan, meliputi: nilai keadilan, nilai tolong menolong, nilai memperkukuh persaudaraan, dan nilai kepeduliaan terhadap sesama. Berdasarkan analisis peneliti, terdapat tujuh paragraf dari beberapa halaman yang berbeda, penyampaian cerita menggunakan pesan secara langsung. Sedangkan penyampaian cerita yang menggunakan pesan secara tidak langsung terdapat dua belas paragraf dari beberapa halaman yang berbeda. Penulis Fiersa Besari, lebih banyak menggunakan teknik ragaan, yakni dengan ditampilkan melalui peristiwa, konflik, dan tingkah laku para tokoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Akhlak Al-Ijtima’iyah; Nilai-nilai; Dakwah kemanusiaan; Novel; Fiersa Besari
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 03:32
Last Modified: 20 Nov 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics