Pengembangan instrumen penilaian kinerja praktikum teknik peer assessment berbasis scientific approach materi termokimia di SMA Negeri 16 Semarang
Maulana, Moh. Nur Irfan (2020) Pengembangan instrumen penilaian kinerja praktikum teknik peer assessment berbasis scientific approach materi termokimia di SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503076054_Moh._Nur_Irfan_Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas produk instrumen penilaian kinerja praktikum teknik peer assessment berbasis scientific approach materi termokimia dengan ketentuan valid dan reliabel. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi (2012). Karakteristik yang dihasilkan produk ini adalah pengembangan tiga indikator scientific approach yaitu mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan menjadi aspek penilaian kinerja praktikum. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli memperoleh rata-rata persentase sebesar 87,14% dan hasil uji reliabilitas menunjukan nilai rata-rata koefisien korelasi intra-kelas (ICC) sebesar 0,694 pada praktikum kalorimeter; dan 0,764 pada praktikum kalor pembakaran spiritus. Hasil uji respon menunjukan rata-rata persentase sebesar 90,77% respon oleh peserta didik dan 91,96% rata-rata persentase respon oleh pendidik serta observer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid, reliabel, dan dapat diterapkan pada penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian kinerja; Praktikum; Teknik peer assessment; Scientific approach; Termokimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Nov 2021 03:49 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 03:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13852 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year