Pesan dakwah KH M. Amin Syukur dalam “Kajian Tasawuf” di MAJT TV

Al Hakim, Lukman (2020) Pesan dakwah KH M. Amin Syukur dalam “Kajian Tasawuf” di MAJT TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026078_Lukman Al Hakim_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026078_Lukman Al Hakim_SKRIPSI LENGKAP)
1501026078_Lukman Al Hakim_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Lukman Al Hakim, 1501026078. “Pesan Dakwah KH M Amin Syukur dalam “Kajian Tasawuf” di MAJT TV”. Skripsi program Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
Pesan sebagai inti dari kegiatan komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam tercapainya suatu tujuan komunikasi, Pesan-pesan yang disampaikan da’i kepada sasaran dakwah (mad’u) dapat disebarkan melalui media diantaranya media cetak maupun elektronik, baik audio, visual, maupun audio visual seperti media televisi yang dapat dilihat dan didengar sehingga mudah untuk dicerna dan diserap. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat masalah-masalah penyimpangan dalam lingkungan bersosial sehingga untuk mengurangi adanya penyimpangan sosial tersebut pentingnya mempelajari ilmu tasawuf yang mengajarkan manusia untuk mensucikan hati dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ilmu tasawuf haruslah benar-benar disampaikan orang yang benar-benar memahami ilmu tasawuf, KH M Amin Syukur adalah salah satu tokoh agama yang benar-benar memahami ilmu tasawuf dan Kajian Tasawuf yang disampaikan KH Amin Syukur perlu dikaji lebih dalam untuk perkembangan dakwah dan di harapkan akan menghasilkan pesan-pesan dakwah yang bisa di ambil sebagai pembelajaran bagi masyarakat luas.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa KH M Amin Syukur dalam berdakwah berisi pesan dakwah yaitu keimanan terhadap Allah SWT, Keislaman mengenai akidah-akidah Islam dan akhlak yang dibagi menjadi akhlak mulia dan akhlak tercela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Kajian Tasawuf; MAJT TV.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:11
Last Modified: 20 Nov 2021 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics