Efektivitas model pembelajaran experiential learning terhadap kepercayaan diri (self confidence) dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Welahan Jepara

Anisaturrohmah, Anisaturrohmah (2020) Efektivitas model pembelajaran experiential learning terhadap kepercayaan diri (self confidence) dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Welahan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503076064_ANISATURROHMAH] Text (SKRIPSI_1503076064_ANISATURROHMAH)
SKRIPSI_1503076064_ANISATURROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Perlu adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat meningkatkan self confidence dan memahami kosep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran experiential learning terhadap self confidence dan pemahaman konsep peserta didik pada materi asam basa. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Designs. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self confidence dan soal pretest-posttest. Berdasarkan uji-t diperoleh data untuk angket self confidence peserta didik dengan t_hitung 4,690>t_tabel 1,994, sehingga dapat disimpulkan bahwa self confidence peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah. Untuk pemahaman kosep peserta didik diperoleh data dengan t_hitung 9,348>t_tabel 1,994, sehingga dapat diambil kesimpulan pemahaman konsep peserta didik dengan perlakuan pembelajaran experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa self confidence dan pemahaman konsep peserta didik dengan pembelajaran experiential learning lebih unggul dibandingkan peserta didik dengan pembelajaran ceramah. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence dan pemahaman konsep baik pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran experiential learning maupun pembelajaran ceramah. Adapun hasil interpretasi koefisien korelasi product moment diperoleh hasil 0,165 pada kelas eksperimen dan 0,232 pada kelas kontrol sehingga termasuk pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Experiential learning; Kepercayaan diri; Self confidence; Pemahaman konsep; Asam basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:07
Last Modified: 20 Nov 2021 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics