Analisis perkembangan kompetensi sosial emosional siswa melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi Twitter pada materi hidrokarbon

Cuhartati, Cuhartati (2021) Analisis perkembangan kompetensi sosial emosional siswa melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi Twitter pada materi hidrokarbon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skipsi_1708076011_Cuhartati] Text (Skipsi_1708076011_Cuhartati)
Skipsi_1708076011_Cuhartati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sikap sosial siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes masih cenderung negative ketika pembelajaran kimia, sikap siswa tersebut sangat berkaitan erat dengan motivasi belajar. Oleh karena itu, untuk mengembangkan aspek sosial siswa model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran digunakan untuk membangun kompetensi sosial emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis perkembangan kompetensi sosial emosional siswa melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi twitter pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan 14 narasumber diantaranya adalah 1 guru kimia dan 13 siswa kelas XI MIPA 2. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi sebanyak 11 siswa (84%) mengalami perkembangan sosial emosional yang sangat baik (BSB) dan 1 siswa (8%) mengalami perkembangan sosial emosional sesuai harapan (BSH), hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi twitter pada materi hidrokarbon dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi sosial emosional siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa perkembangan sosial emosional siswa melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi twitter pada materi hidrokarbon dapat terlihat dari 5 kategori sosial emosional yang tercermin dalam sikap siswa membangun hubungan yang positif dengan lingkungan sosialnya dalam belajar, kemampuannya berkomunikasi, kerja sama, toleransi dan menghargai perbedaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial; Kompetensi emosional; Siswa; Model pembelajaran; Kolaboratif; Twitter; Hidrokarbon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 05:50
Last Modified: 20 Nov 2021 05:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics