Teknik penyampaian pesan akhlak dalam buku “merasa pintar, bodoh saja tak punya: kisah sufi dari Madura” karya Rusdi Mathari

Kholishoh, Kholishoh (2020) Teknik penyampaian pesan akhlak dalam buku “merasa pintar, bodoh saja tak punya: kisah sufi dari Madura” karya Rusdi Mathari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026113_KHOLISHOJ_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026113_KHOLISHOJ_SKRIPSI LENGKAP)
1501026113_Kholishoh_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

KHOLISHOH. 1501026113. “Teknik Penyampaian Pesan Akhlak Dalam buku Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya: Kisah Sufi dari Madura”. Skripsi program Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.

Kedudukan akhlak dalam Islam menempati tempat yang sangat penting, sebagaimana tujuan diutusnya Rasullullah Muhammad SAW di bumi untuk menyempurnakannya. Namun, perkembangan zaman memunculkan kontradiksi yang signifikan. Pasalnya dengan pesatnya teknlogi saat ini, justru akhlak pada manusia mengalami titik kemerosotan. Maka dakwah sudah selayaknya untuk dilakukan di berbagai media dengan penyampaian yang lebih santai dan tidak kaku. Salah satu diantaranya yakni melalui buku yang berisikan cerita sederhana yang dekat dengan kehidupan pembaca. Buku “Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya: Kisah Sufi dari Madura” merupakan salah satu karya dari Rusdi Mathari yang mengisahkan kehidupan pada bulan Ramadan di Desa Ndusel Madura.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan akhlak beserta teknik penyampaian dalam buku “Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya: Kisah Sufi dari Madura” karya Rusdi Mathari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisisi isi. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian dokumentasi dari buku “Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya: Kisah Sufi dari Madura” karya Rusdi Mathari dengan teknik pencatatan. Sementara analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku “Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya: Kisah Sufi dari Madura” karya Rusdi Mathari memuat pesan akhlak dalam ruang lingkup islami, yang diklasifikasikan kedalam tiga katergori, yaitu pesan akhlak kepada Allah, pesan akhlak kepada sesama manusia dan pesan akhlak kepada lingkungan. Sedang teknik penyampaiannya menggunakan teknik penyampaian tidak langsung yang berupa uraian pengarang serta melalui tindakan tokoh, dan menggunakan teknik penyampaian secara langsung yang berupa melalui peristiwa, konflik, sikap dan tingkah laku (fisik), sikap dan tingkah laku (verbal), serta sikap dan tingkah laku (pikiran dan perasaan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Penyampaian; Pesan Akhlak; Buku Fiksi; Madura; Rusdi Mathari
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 20 Nov 2021 06:47
Last Modified: 20 Nov 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics