Analisis kemandirian belajar pada proses pembelajaran kimia melalui blended learning di masa pandemi
Dewi, Sonia Rizqi (2021) Analisis kemandirian belajar pada proses pembelajaran kimia melalui blended learning di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708076027_Sonia_Rizqi_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi mengharuskan siswa untuk memiliki kemandirian belajar. Kemandirian belajar dapat dikembangkan melalui pembelajaran blended learning, namun dalam pelaksanaan pembelajaran blended learning di MA Futuhiyyah Jeketro masih terdapat beberapa permasalahan yang mengarah pada kemandirian belajar siswa. Pentingnya kemandirian belajar pada masa pandemi Covid-19 menjadi latar belakang pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui blended learning di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas X MIPA 1, dari 15 siswa diambil 3 siswa untuk diwawancarai melalui teknik purposive sampling. Data yang didapatkan diperoleh dari lembar angket kemandirian belajar siswa dan wawancara terhadap siswa terkait kemandirian belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui blended learning. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data kemandirian belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui blended learning yang dilihat berdasarkan empat indikator kemandirian belajar dibagi dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Siswa kategori tinggi berjumlah sebanyak 5 orang dengan persentase jawaban 33%. Kedua, siswa yang tergolong dalam kategori sedang berjumlah sebanyak 8 orang dengan persentase jawaban 53%. Ketiga, siswa yang tergolong dalam kategori rendah berjumlah sebanyak 2 orang dengan persentase jawaban 13%. Dari tiga kategori tersebut secara umum siswa belum memenuhi sebagian indikator kemandirian belajar yang diukur dalam penelitian ini secara utuh. Sehingga berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui blended learning di kelas X MIPA 1 masih tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar; Proses pembelajaran; Kimia; Blended learning; Masa pandemi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Nov 2021 06:51 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 06:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13885 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year