Komparasi hasil belajar Al Quran Hadis dengan CTL bagi siswa pesantren dan no pesantren MA Al Ishlah Pulokulon Grobogan

Rosyidah, Siti Innaa (2021) Komparasi hasil belajar Al Quran Hadis dengan CTL bagi siswa pesantren dan no pesantren MA Al Ishlah Pulokulon Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1703016170_Siti Innaa Rosyidah_lengkap] Text (Skripsi1703016170_Siti Innaa Rosyidah_lengkap)
1703016170_Siti Innaa Rosyidah_Tugas Akhir - Siti Innaa Rosyidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar Alquran hadis dengan menggunkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bagi siswa MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan yang berasal dari pesantren (2) hasil belajar Alquran hadis dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bagi siswa MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan yang berasal dari non-pesantren (3) adakah perbedaan hasil belajar Alquran hadis dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning bagi siswa yang berasal dari pesantren dan non-pesantren MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 67 siswa yang berasal dari 2 rambel kelas IPA dan IPS. Selanjutnya 67 siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 43 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 24 siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen untuk mendapatkan hasil belajar Alquran hadis siswa kelas XI dengan data dari nilai UAS Semester Ganjil siswa yang tinggal di pondok pesantren maupun yang tidak tinggal di pondok pesantren.
Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t-test. Pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Alquran hadis siswa kelas XI yang tinggal di pondok pesantren MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari nilai rat-rata UAS Alquran hadis sebanyak 43 siswa dengan rata-rata 82,58 dalam interval 81-90 dengan kategori baik (2) hasil belajar Alquran hadis siswa kelas XI yang tidak tinggal di pondok pesantren MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata UAS Alquran hadis sebanyak 24 siswa dengan rata-rata 81,53 dalam tabel skala 1-100 tersebut berada dalam interval 81-90 dengan kategori baik (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Alquran hadis siswa kelas XI MA Al-Ishlah Pulokulon, Grobogan antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan yang tidak tinggal di pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t test dimana t observasi 0,52 lebih kecil daripada t tabel (t0<tt) baik untuk taraf signifikansi 1% adalah 2,38510 maupun untuk taraf signifikansi 5% adalah 1,66864.
Dari hasil penelitian ini peneliti memberi saran kepada guru, orang tua peserta didik, dan juga peserta didik agar dapat membimbing, mengarahkan, dan memebuhi kebutuhan pelajaran Alquran hadis bagi siswa yang tinggal di pondok pesantren maupun yang tidak tinggal di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Alquran hadis; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 09:27
Last Modified: 28 Nov 2021 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics