Analisis kemampuan representasi kimia siswa dalam memahami materi larutan penyangga dengan menggunakan instrumen DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual)

Wati, Fiqa (2021) Analisis kemampuan representasi kimia siswa dalam memahami materi larutan penyangga dengan menggunakan instrumen DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076030_Fiqa_Wati] Text (Skripsi_1708076030_Fiqa_Wati)
Skripsi_1708076030_Fiqa_Wati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan representasi kimia sangat penting dikembangkan dalam mempelajari ilmu kimia karena berperan dalam pemahaman konsep kimia dan pemecahan masalah kimia. Namun, guru pada umumnya hanya fokus pada representasi simbolik saja tanpa mengaitkannya pada aspek makroskopik dan submikroskopik. Guru hanya fokus pada perhitungan dan mengesampingkan konsep dan aplikasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis kemampuan representasi kimia siswa pada materi larutan penyangga dengan menggunakan instrumen DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan representasi kimia pada materi larutan penyangga dengan menggunakan instrumen DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual) dan mengetahui persentase kemampuan representasi kimia siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan siswa lebih berhasil merepresentasikan level maksroskopik ke submikroskopik dan simbolik dibandingkan dengan level lainnya. Persentase representasi submikroskopik sebesar 88,23% dengan kategori kemampuan sangat baik, representasi makroskopik - submikroskopik sebesar 60,66% dengan kategori kemampuan cukup, representasi submikroskopik – simbolik sebesar 45,1% dengan kategori kemampuan cukup, representasi makroskopik - simbolik sebesar 81,37 dengan kategori kemampuan sangat baik, dan representasi makroskopik – submikroskopik – simbolik sebesar 89,71% dengan kategori kemampuan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi kimia; Siswa; Larutan penyangga; Instrumen DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2021 07:16
Last Modified: 20 Nov 2021 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics