Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak penyandang tunagrahita ringan di SMPLB-C Negeri Ungaran

Nurunnisa, Luvilla Salsabilla (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak penyandang tunagrahita ringan di SMPLB-C Negeri Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016181_Luvilla Salsabilla_Full] Text (Skripsi_1703016181_Luvilla Salsabilla_Full)
1703016181_Luvilla Salsabilla_Full Skripsi - Luvilla Salsabilaa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan mengenai proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita ringan) di SMPLB-C Negeri Ungaran. Pendidikan agama Islam sendiri adalah salah satu subjek mata pelajaran yang harus ditempuh oleh pelajar muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat pendidikan tertentu. Selain itu dengan pembelajaran pendidikan agama Islam anak penyandang tunagrahita diharapkan mampu menjalankan fungsi kehidupan ini sebagai hamba Allah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1.) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak penyandang tunagrahita ringan di SMPLB-C Negeri Ungaran, 2.) Menguraikan beberapa faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam proses pembelajaran di SMPLB-C Negeri Ungaran.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Ungaran dan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Negeri Ungaran. Teknis analisis datanya menggunakan: Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan aturan pemerintah yang disederhanakan oleh guru mata pelajaran sedemikian rupa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa tunagrahita. Materi yang diajarkan meliputi Al-Qur’an, Fiqh, Aqidah, Akhlaq, dan Sejarah Islam. Metode yang digunakan meliputi metode demonstrasi, karyawisata, look at picture, dan drill. Pendekatan yang dilakukan berupa pendekatan individual. 2.) faktor pendukung yang dapat menunjang pembelajaran banyak yang berasal dari guru mata pelajaran, selain itu adanya pembiasaan membaca doa-doa sehari atau surat-surat pendek yang dilakukan setiap sebelum pelajaran dimulai. Faktor yang dapat menghambat proses pembelajaran berasal dari guru, siswa maupun orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Tunagrahita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:07
Last Modified: 28 Nov 2021 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics