Pengembangan aplikasi mobile learning berbasis Android sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA menggunakan unity

Bimanstar, Muhammad Mubarok (2020) Pengembangan aplikasi mobile learning berbasis Android sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA menggunakan unity. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066046_Muhammad Mubarok Bimanstar_Skripsi Lengkap] Text (1503066046_Muhammad Mubarok Bimanstar_Skripsi Lengkap)
1503066046_Muhammad Mubarok Bimanstar_Lengkap Tugas Akhir - bima star.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan siswa untuk memahami pelajaran fisika khususnya materi gerak lurus. Terbatasnya waktu pembelajaran tatap muka di sekolah mengakibatkan pembelajaran kurang optimal dan mengharuskan siswa untuk belajar secara mandiri. Media pedukung sebagai alternatif sumber belajar yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja perlu dikembangkan. Perkembangan teknologi di era digital memungkinkan untuk mengembangkan media pendukung pembelajaran yang bersifat mobile. Pada penelitian ini dikembangkan suatu aplikasi mobile learning berbasis android sebagai pendukung pembelajaran fisika pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA. Aplikasi mobile learning yang dibuat dapat dijalankan pada smartphone android dengan spesifikasi minimal android 5.0 lollipop.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian ini yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai persentase kelayakan aplikasi sebesar 92,5% dari ahli media, 85 % dari ahli materi, dan 91,67% dari respon pengguna. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi ini layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile Learning; Unity; Gerak Lurus; Android
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:54
Last Modified: 26 Nov 2021 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics