Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam di MTs Fatahillah Semarang
Salaeh, Chefatimah (2020) Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam di MTs Fatahillah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803016192_MISS CHEFATIMAH SALAEH_Lengkap Tugas Akhir - Chefatimah Salaeh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan: 1. Peran bimbingan konseling terhadap siswa di MTs Fatahillah Semarang. 2. Peranan yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Fatahillah Semarang. 3. Hasil bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam di MTs Fatahillah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dukomentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Supyek penelitian adalah yang menjadi subjek dan sekaligus sumber informasi, adalah kepala sekolah MTs Fatahillah Semarang, guru BK dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Peran bimbingan konseling di MTs Fatahillah Semarang sebagai pendokong motivasi siswa sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu tujuan mengadakan bimbingan konseling dan peran dalam melaksanakan bimbingan konseling. 2. Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Fatahillah Semarang. Dalam meningkatkan motivasi belajar, diantaranya: (1) Menggunakan metode mengajar yang bervariasi. (2) Memberi nilai. (3) Minat. 3. Hasil bimbingan konseling dapat memotivasi siswa yang awalnya tidak semangat menjadi semangat belajar dan ikut ekstra kurikuler pada pendidikan agama Islam di MTs Fatahillah Semarang. Diantaranya: (1) Pendukung motivasi belajar siswa. (2) Tujuan yang diakui. (3) Kemajuan. Walaupun dalam pelaksanaannya masih ada hambatan-hambatan, tetapi akhirnya bisa melakukan aktivitas itu dengan baik dan lancar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru BK; Motivasi belajar; Bimbingan konseling |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 28 Nov 2021 10:10 |
Last Modified: | 28 Nov 2021 10:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13904 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year