Efektivitas model pembelajaran mastery learning pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS N 5 Klaten

Afanin, Ala’ (2020) Efektivitas model pembelajaran mastery learning pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS N 5 Klaten. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066049_Ala’ Afanin_Skripsi Lengkap] Text (1503066049_Ala’ Afanin_Skripsi Lengkap)
1503066049_ALA_ AFANIN_Lengkap Tugas Akhir - ala afanin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Mastery Learning pada materi Pesawat Sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs N 5 Klaten. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre-test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan data hasil post-test untuk menguji normalitas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 13,5 > ttabel =1,67 dan uji gain kelas eksperimen sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang, untuk kelas kontrol sebesar 0,20 yang masuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mastery Learning efektif dalam eningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Mastery Learning; IPA; Hasil Belajar; Pesawat Sederhana
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Nov 2021 08:44
Last Modified: 28 Nov 2021 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics