Pengembangan keterampilan motorik halus kelas B melalui kegiatan cooking class di Tk An-Nur Rowosari Meteseh Boja Tahun 2019

Aliyah, Himmatul (2020) Pengembangan keterampilan motorik halus kelas B melalui kegiatan cooking class di Tk An-Nur Rowosari Meteseh Boja Tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503106015_HIMMATUL ALIYAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (Skripsi_1503106015_HIMMATUL ALIYAH_SKRIPSI LENGKAP)
1503106015_HIMMATUL ALIYAH_SKRIPSI LENGKAP - Himmatul Aliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi pengembangan keterampilan motorik halus melalui kegiatan cooking class pada anak kelompok B TK An-Nur Rowosari Meteseh Boja. Penelitian ini dilatarbelakangi realita akan pentingnya pengembangan keterampilan motorik halus pada anak usia dini yang salah satunya melalui kegiatan cooking class. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pengembangan keterampilan motorik halus melalui kegiatan cooking class pada anak kelompok B TK An-Nur Rowosari Meteseh Boja.
Permasalahan dibahas melalui studi lapangan kualitatif, sebagai sumber data ialah kepala sekolah, guru, dan peserta didik di TK An-Nur Rowosari Meteseh Boja untuk mendapatkan potret pengimplikasian pengembangan keterampilan motorik halus melalui kegiatan cooking class. Data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknis analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata/ kalimat dan gambar.
Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara menggabungkan antara latihan motorik halus anak dengan tahap cooking class. Penggabungan keterampilan motorik halus tersebut meliputi empat hal pokok yaitu: 1) Menggenggam dilatih dengan aktifitas mencuci buah, menggenggam keju dan coklat, dan menguleni adonan pizza. 2) Memegang dilatih dengan aktifitas memegang cendok, memegang buah, memegang parutan, memegang pisau, memegang keju dan coklat. 3) Merobek dilatih dengan aktifitas merobek kertas untuk membuat nama di salad buah milik masing-masing anak. 4) Menggunting dilatih dengan aktifitas menggunting ujung bungkus mayonaise.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan keterampilan motorik halus, Kegiatan cooking class
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:45
Last Modified: 26 Nov 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics