Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian nasional fisika SMA/MA Tahun ajaran 2018/2019

Almalina, Sharfina (2021) Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal ujian nasional fisika SMA/MA Tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066050_Sharfina Almalina_Skripsi Lengkap] Text (1503066050_Sharfina Almalina_Skripsi Lengkap)
1503066050_Sharfina Almalina_Full Skripsi - Sharfina Almalina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Negara Indonesia memiliki beberapa tujuan salah satu di antaranya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, yang artinya Indonesia memiliki tujuan dalam memajukan pendidikan. Tujuan pendidikan dapat diketahui kemajuannya dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan berbentuk penilaian yang dilakukan dalam program pendidikan. Ujian Nasional merupakan salah satu dari jenis penilaian yang digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia pada tahun 2019. Era globalisasi menimbulkan banyaknya tuntutan khususnya dalam dunia pendidikan. Peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan yang bisa memenuhi kompetensi di abad XXI ini. Salah satu cara untuk mendukung peserta didik dalam memenuhi kompetensi, yaitu dengan menghadirkan soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam proses evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Nasional Fisika SMA/MA Tahun Ajaran 2018/2019 terutama mengenai karakteristik soal High Order Thinking Skills (HOTS) dalam soal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian Soal Ujian Nasional Fisika SMA/MA Tahun 2019 sudah memiliki 22 butir soal yang masuk dalam kategori soal HOTS, atau jika dipersentase sebanyak 55% dari keseluruhan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujian Nasional;High Order Thinking Skills
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:20
Last Modified: 27 Nov 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics