Efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan praktikum virtual materi asam basa di masa pandemi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Maula, Tika Fauziatul (2021) Efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan praktikum virtual materi asam basa di masa pandemi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708076057_Tika_Fauziatul_Maula.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning dengan praktikum virtual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA N 13 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan penelitian jenis eksperimen. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 13 Semarang. Sampel yang dipergunakan adalah kelas XI IPA 4 sebanyak 36 peserta didik yang menjadi kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebanyak 34 peserta didik menjadi kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Media praktikum virtual efektif untuk meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan nilai uji kesamaan dua rata-rata hasil belajar sebesar 0,710 dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang sama. Penggunaan media praktikum virtual efektif dalam meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dibuktikan dengan rata rata hasil belajar sebesar 29,361 sedangkan rata rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 23,939 dan nilai n gain kelas eksperimen sebesar 0,3366 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,0578 dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Problem based learning; Praktikum virtual; Asam basa; Masa pandemi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 01:57 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 01:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13933 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year