Pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi unity of science pada materi kimia rumah tangga di Pondok Pesantren Darul Falah Semarang

Nahdiah, Siti Aisyatun (2021) Pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi unity of science pada materi kimia rumah tangga di Pondok Pesantren Darul Falah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076066_Siti_Aisyatun_Nahdiah] Text (Skripsi_1708076066_Siti_Aisyatun_Nahdiah)
Skripsi_1708076066_Siti_Aisyatun_Nahdiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan bahan ajar peserta didik yang belum terpenuhi untuk mempelajari kimia khususnya pada pembelajaran lifeskill kimia rumah tangga. Sumber belajar menjadi sarana alternatif untuk memenuhi kebutuhan informasi peserta didik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menguji kualitas atau kelayakan modul pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi unity of science adalah model pengembangan ADDIE dari Robert, Wager, Golas, & Keller (2005) yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli integrasi sebagai validator kelayakan modul. Validasi dari peserta didik sebagai respon pengguna. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Persentase hasil validasi ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 88%. Ahli integrasi sebesar 92%. Rata-rata persentase adalah 90,6% yang tergolong dalam kategori sangat valid. Uji skla kecil dengan 9 orang peserta didik mendapat pesrsentase sebesar 87,5% termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan. Hasil uji keterbacaan terhadap modul diperoleh skor sebanyak 96% yang menunjukkan tingkat keterbacaan modul pada kategori sangat tinggi. Penilaian aspek kognitif peserta didik diukur menggunakan uji N-gain dan diperoleh skor gain 0,72 dengan kategori tinggi. Penilaian aspek afektif dan psikomotorik diperoleh persentase rata-rata sebesar 93% dan 91%. Perolehan kedua aspek tersebut berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan dari hasil penilaian, modul kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi unity of science ini memiliki kategori sangat layak untuk diuji cobakan ke kelas besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Unity of science; Integrasi sains dan Islam; Kimia rumah tangga; Pondok Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:16
Last Modified: 27 Nov 2021 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics