Efektivitas pembelajaran discovery learning terintegrasi local wisdom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X materi dinamika gerak di SMK Negeri 7 Semarang

Hidayati, Fildzah Kurnia (2020) Efektivitas pembelajaran discovery learning terintegrasi local wisdom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X materi dinamika gerak di SMK Negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066070_Fildzah Kurnia Hidayati_Skripsi Lengkap] Text (1503066070_Fildzah Kurnia Hidayati_Skripsi Lengkap)
1503066070_Fildzah Kurnia_Lengkap Tugas Akhir - Fildzah Kurnia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran discovery learning terintegrasi local wisdom pada mata pelajaran Fisika kelas X materi Dinamika Gerak di SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel X TFLM 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X TME 2 sebagai kelas Kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu strategi pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre-test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan hasil post-test untuk menguji normalitas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 7,00 > ttabel = 1,66 dan uji gain kelas eksperimen sebesar 0,75 yang masuk dalam kategori tinggi, untuk kelas kontrol sebesar 0,57 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sistem blok berintegrasi local wisdom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Local Wisdom; Dinamika gerak
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Nov 2021 10:17
Last Modified: 28 Nov 2021 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics