Konflik keagamaan : studi terhadap posisi FKUB dalam penyelesaian konflik keagamaan di Jawa Tengah

Fadhilah, Iman (2020) Konflik keagamaan : studi terhadap posisi FKUB dalam penyelesaian konflik keagamaan di Jawa Tengah. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DISERTASI_1400039009_IMAN_FADHILAH] Text (DISERTASI_1400039009_IMAN_FADHILAH)
DISERTASI_1400039009_IMAN_FADHILAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Konflik adalah kenyataan yang tidak bisa dibantah. Yang membedakan adalah karakter, agen serta motif yang melatarbelakanginya. Konflik antara kelompok intern agama, antar agama atau kelompok dengan pemerintah, adalah realita yang ditemukan di lapangan. Pendek kata, konflik keagamaan ada di sekitar kita
Resolusi konflik keagamaan oleh lembaga negara tentu saja berbeda dengan masyarakat sipil. Aparat keamanan akan mengambil posisi security-based approach, konflik akan didekati dengan perspektif keamanan pula. Jika ia ada di meja pengadilan, maka right-based approach yang akan digunakan. Di level masyarakat sipil, langgam resolusi konfliknya memiliki kekhususan sendiri. Dalam masyarakat Ambon misalnya, ada tradisi Pela Gandong yang menjadi modal sosial dalam mengatasi konflik yang pernah berlangsung. Begitu juga pada masyarakat di Kepulauan Kei.
FKUB adalah institusi, punya posisi berbeda dengan negara dan masyarakat. Ia ada di tengah-tengah. Resolusi konflik yang dimainkannya tentu saja berbeda dengan yang diinisiasi pemerintah ataupun masyarakat sipil. Disini, penting sekali untuk melihat bagaimana posisi FKUB mengupayakan resolusi konflik. Pertanyaan penelitian yang diajukan, Seperti apa idealitas agama dan bagaimana konflik agama itu dipahami oleh FKUB? Faktor apa yang melatarbelakangi munculnya konflik keagamaan menurut FKUB? Bagaimanakah perspektif dan paradigma FKUB atas konflik keagamaan yang terjadi?Bagaimanakah resolusi konflik keagamaan yang dilakukan oleh FKUB di Jawa Tengah?
Permasalahan yang diajukan dalam kajian ini, khusunya terkait berbagai konflik keagamaan yang terjadi, penelitian ini menggunakan analisis 5W 1H (what, who, why, when, where dan how) yaitu, tentang apa, siapa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana. Apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang menjadi penyebab konflik itu? Mengapa hal itu bisa terjadi? dan upaya resolusi apa yang mungkin dilakukan? Secara metodologis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research), menarasikan konflik bernuansa agama yang terjadi, dengan berbagai variasinya, serta upaya-upaya resolusi apa saja yang dilakukan oleh FKUB di Jawa Tengah dalam upaya menyelesaikan konflik tersebut.
Temuan dari penelitian ini adalah Resolusi konflik keagamaan yang di lakukan oleh FKUB di Jawa Tengah melalui beberapa hal, Pertama, mengubah mindset keberagamaan dari yang eksklusif menuju kedewasaan beragama. Kedewasaan beragama yang di maksud melalui sikap, pandangan dan prilaku. Pada titik ini, kedewasaan beragama terangkum dalam Religiusitas. Artinya Religiusitas sebagai Resolusi Konflik. Pada Akhirnya, dari beberapa alternatif resolusi dengan variasi pola penyelesaian, penelitian ini mengambil konklusi, bahwa resolusi konflik berbasis Religiustias menjadi salah satu alternative pilihan. Religiusitas ini merupakan kombinasi, peran Pemimpin kegamaan, aktor yang secara diametrik berjalan seiring dengan pemahaman keagamaan yang progresif, produktif dan berbasis damai.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Resolusi konflik; Konflik keagamaan; Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.6 Conflict and conflict resolution
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:01
Last Modified: 27 Nov 2021 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics