Efektivitas mind mapping terintegrasi science, untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa kelas X materi gerak parabola

Sa'adah, Nailis (2021) Efektivitas mind mapping terintegrasi science, untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa kelas X materi gerak parabola. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1708066009_Nailis Sa’adah_Skripsi Lengkap] Text (1708066009_Nailis Sa’adah_Skripsi Lengkap)
1708066009_Nailis Sa_adah_FULL SKRIPSI - Nailis Sa_adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (30MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefetivitasan penerapan Mind Mapping Terintegrasi STEM dalam mengembangkan kemampuan literasi sains siswa, untuk mengetahui kemampun dan karakteristik literasi sains siswa dengan penerapan Mind Mapping Terintegrasi STEM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Teknik pengambilan data yang dilakukan diantaranya wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji mann-whitney u-test dan uji n-gain. Materi yang dipilih dalam penelitian ini ialah materi gerak parabola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain kelas eksperimen (0.0245) lebih besar dibandingkan dengan nilai n-gain kelas kontrol (0.0178), sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Mind Mapping Terintegrasi STEM dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa materi gerak parabola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mind mapping; STEM; Literasi sains; Gerak parabola
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:52
Last Modified: 29 Nov 2021 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics