Pelaksanaan bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan tahun 2017 UIN Walisongo Semarang

Vina Fadhilah, Nur (2020) Pelaksanaan bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan tahun 2017 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016065_Nur_Vina_Fadhilah] Text (SKRIPSI_1401016065_Nur_Vina_Fadhilah)
SKRIPSI_1401016065_Nur_Vina_Fadhilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan bimbingan baca tulis Al-Qur’an merupakan program yang sangat diwajibkan bagi Fakultas Dakwah dan Komunikasi di UIN Walisongo Semarang. Dengan adanya program tersebut bertujuan untuk melatih dan memiliki kemampuan membaca dan menulis dengan baik dan benar. Selain itu, untuk memenuhi syarat pendaftaran ujian komprehensif dan ujian munaqosyah.
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan yang diberikan saat proses melakukan praktikum baca tulis Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan tahun 2017 dan guru pembimbing. Sedangkan sumber data sekunder adalah pelaksana program praktikum baca tulis Al-Qur’an dan literatur yang menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. menggunakan metode triangulasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis Al-Qur’an Mahasiswa masih minim dan perlu mendapatkan bimbingan. Sebelum dilaksanakan bimbingan, pihak Fakultas melakukan placement test yang diadakan oleh LP3Q. Setelah dilakukan placement test, pembimbing mengelompokkan Mahasiswa yang di kategorikan mampu dan bisa serta Mahasiswa kurang mampu dalam baca tulis Al-Qur’an dengan melalui tahapan (marhalah) diantaranya marhalah awwaliyah, marhalah mutawassithah, dan marhalah ‘aliyah.. Setelah dilakukan placement test, para pembimbing melakukan bimbingan dengan mahasiswa di tiap-tiap kelas dengan melalui bimbingan klasikal dan bimbingan individu. Setelah kedua bimbingan dilakukan, maka dilakukan refleksi. Hasil evaluasi setelah dilakukan pelaksanaan bimbingan, mahasiswa sudah mampu membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:57
Last Modified: 29 Nov 2021 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics