Implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa di SMK Islam Nusantara Comal Pemalang

Azhar, Fuadi (2020) Implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa di SMK Islam Nusantara Comal Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036045_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036045_Skripsi Lengkap)
1403036045_Fuadi Azhar_Full Skripsi - Fuady Azhar Immanulhaq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penulis : Fuadi Azhar / 1403036045
Kajian dalam skripsi ini mendeskripsikan implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan penguatan pendidikan karakter, serta untuk mengetahui efektifitas implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa di SMK Islam Nusantara Comal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, dan juga guru, penelitian ini diperoleh melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengorganisasian, intrepretasi, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dari implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa telah dijalankan dengan diintegrasikan melalui program kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan budaya sekolah. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam upaya penanaman nilai nasionalisme siswa.
Saran dari penelitian ini adalah dengan upaya untuk terus meningkatan intensitas pengawasan terhadap pelaksanaan PPK, serta meningkatan kualitas program kegiatan pelaksanaan PPK dalam upaya penanaman nilai karakter kepada siswa.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Pemilik Yayasan, Kepala Sekolah, dan Guru dalam penanaman nilai nasionalisme siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: implementasi; penguatan pendidikan kararakter; penanaman nilai nasionalisme
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2021 00:22
Last Modified: 04 Dec 2021 00:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics