Efektivitas penggunaan metode Drill berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Ma’un pada siswa kelas II MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2019/2020
Niyati, Kholisatun (2020) Efektivitas penggunaan metode Drill berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Ma’un pada siswa kelas II MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403096106_Kholisatun Niyati_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode drill berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah al-Ma’un pada Siswa Kelas II MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2019/2020. Pada metode drill berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an tersebut menjadikan peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam menghafal maupun mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II(C) sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik dan kelas II(D) sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung = 4,177 dan t_tabel= 2,045. Karena t_hitung>t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara metode drill berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an dengan metode konvensional. Adapun hasil perhitungan uji gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test 65,41 dan rata-rata post-test 83,23 sehingga diperoleh gain 0,51 yang berarti bahwa memiliki peningkatan hasil belajar kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill berbantu media papan tempel ayat al-Qur’an efektif terhadap keterampilan menghafal surah al-Ma’un.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Menghafal |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 04:23 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 04:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13987 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year