Pengaruh penerapan media pembelajaran Montase terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas III MIN 2 Jepara tahun pelajaran 2019/ 2020

Hainun, Umi Lathifah (2020) Pengaruh penerapan media pembelajaran Montase terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas III MIN 2 Jepara tahun pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503096005_Umi Lathifah_Skripsi lengkap.pdf] Text
1503096005_Umi Lathifah_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III di MIN 2 JeparaTahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini ditunjukkan dengan adanya pengaruh penerapan media pembelajaran Montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III di MIN 2 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi serta observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terbagi menjadi lima kelas dengan jumlah 166 siswa, dengan kelas III A berjumlah 36 siswa, kelas III B berjumlah 33 siswa, kelas III C berjumlah 29, kelas III D berjumlah 37, dan kelas III E berjumlah 31. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III A terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III B terdiri dari 33 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dengan menggunakan statistika uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata atau Post-test, kelompok yang menerapkan media pembelajaran Montase adalah 79,44 sedangkan nilai rata-rata, kelompok yang tidak menerapkan media pembelajaran Montase adalah 65,61. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung = 5,776 sedangkan ttabel = 1,668 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Karena thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media pembelajaran Montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III di MIN 2 Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Aktifitas Sekolah, Metode Montase
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:45
Last Modified: 27 Nov 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics