Efektivitas strategi active knowledge sharing dengan media kokami terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V MI Ma’arif NU Padangjaya Majenang tahun ajaran 2019/2020

Baroroh, Laelatul (2020) Efektivitas strategi active knowledge sharing dengan media kokami terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V MI Ma’arif NU Padangjaya Majenang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503096007_LAELATUL BAROROH_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1503096007_LAELATUL BAROROH_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi active knowledge sharing dengan media kokami serta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V MI Ma’arif NU Padangjaya Majenang. Efektivitas pada penelitian ini ditunjukan dengan nilai N-Gain dari postest dan pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk uji efektivitas yaitu uji N-Gain. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dengan siswa kelas VA yang terdiri dari 20 siswa dan kelas VB sebanyak 20 siswa. Dimana kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil test akhir yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 79,50 sedangkan kelas kontrol 63,05. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5 dengan kriteria sedang jauh lebih tinggi dibanding hasil N-Gain kelas kontrol sebesar 0,25 dengan kriteria rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi active knowledge sharing efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematikakelas V MI Ma’arif NU Padangjaya Majenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; metode Pembelajaran; Media Kokami
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:53
Last Modified: 27 Nov 2021 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics