Manajemen zakat, infaq dan shadaqah di Badan Amil Zakat Desa Petanahan Kebumen

Nugroho, Mukhammad Yusuf (2020) Manajemen zakat, infaq dan shadaqah di Badan Amil Zakat Desa Petanahan Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036040_M YUSUF NUGROHO_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401036040_M YUSUF NUGROHO_SKRIPSI LENGKAP)
1401036040_M Yusuf Nugroho_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Manajemen Zakat, Infaq, dan Shadaqah di BAZ Desa Petanahan Kebumen”. Yakni penelitian yang meneliti tentang Manajemen Zakat, Infaq, dan Shadaqah di Badan Amil Zakat desa Petanahan Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendektan penelitian yang digunakan adalah pendekatan manajemen. Sumber data penelitian ini adalah pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di desa Petanahan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data secara khusus kemudian mengambil kesimpulan secara umum
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa potret pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di Desa Petanahan Kecamatan Petanahan sesuai dengan undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat. Pengumpulan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah dikumpulkan dan pendistribusian dilakukan oleh Badan Amil Zakat Desa. Dan didistribusikan kepada Fakir, miskin dan fisabilillah dengan menggunakan manajemen yaitu pengumpulan dan pendistribusian. Peluang zakat sebagai sarana mengangkat kemiskinan dan sebagai sarana kepedulian yang kaya kepada kaum fakir dan miskin. Tantangannya bagaimana caranya para muzzaki dapat rutin menyalurkan zakatnya di Badan Amil Zakat yang sudah ada tanpa harus dijemput.
Implikasi dari penelitian ini adalah dalam pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah para pengurus Badan Amil Zakat harus berpegang pada falsafah lillahita’ala (kerja yang tidak mengharap keuntungan) dukungan dan masukan masyarakat mengenai manajemen pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah sangatlah diharapkan karena ini dapat membantu pengelolaan zakat lebih mudah dan transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Zakat; Infaq; Shadaqah; Badan Amil Zakat; Desa Petanahan Kebumen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:56
Last Modified: 27 Nov 2021 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics